Anggota Pramuka Mengikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di TMMD 112

MAROS, SULSEL – Satgas TMMD ke 112 Kodim 1422/Maros. Beri Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan Kepada Anggota Pramuka se Kabupaten maros di desa bontomanurung, kec. Tompobulu kab. Maros. Rabu 29/09/2021.

Pada kesempatan itu, Perwira seksi Teritorial Kodim 1422/Maros. Kapten Inf Nasrun. Menyampaikan bahwa, “kegiatan penyuluhan bela negara ini adalah bagian terpenting dalam pelaksanaan TMMD yang digelar tahun ini di Desa Bontomanurung, dalam kegiatan TMMD ini bukan saja bidang fisik yang diutamakan namun juga bidang non fisik kita sisipkan sebagai upaya penanaman jiwa nasionalisme dan membentuk genersi muda yang cerdas dan tangguh. “Jelasnya

Seluruh elemen masyarakat memiliki kewajiban dalam bela negara, arti bela negara disini bukan harus angkat senjata menghadapi musuh yang nyata, tetapi bela negara disini adalah menumbuhkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara. “Tandasnya.

Dandim 1422/Maros. Letkol Inf Budi Rahman menambahkan, negara dan warganya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, diikat dalam tata aturan perundang-undangan. Dalam diri warga negara tertanam hak dan kewajiban yang harus dijalankan secara seimbang. Masih segar dalam ingatan kita, pernyataan bijak, “Jangan tanyakan apa yang telah diberikan negara kepadamu, tetapi tanyakan apa yang telah engkau berikan kepada negaramu. Hal ini mengandung maksud, dahulukan kewajiban sebelum hak. “Tegasnya.

Kemudian membahas tentang wawasan kebangsaan yang berisi hal tentang negara meliputi, wilayah nusantara, dasar negara, lambang negara, bendera negara, UUD 1945 dan isu-isu terkini tantangan dalam berbangsa dan bernegara. “Pungkasnya.

Di akhir penyampaiannya, “Harus dipahami bahwa bela jangan dimaknai sebagai perang oleh tentara, sebagai warga negara melaksanakan tugas dengan baik sesuai profesi dan keahliannya sudah termasuk bela negara. Ikut gotong royong, termasuk bela negara. Dan Contoh lain, mencegah penularan covid 19 ini dengan selalu mengedapankan protokol kesehatan termasuk juga bela negara. “Tambahnya.

Ditempat yang sama salah satu anggota pramuka mengatakan, “Kami selaku pemuda sangat berterima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi Kepada TNI yang telah menyelenggarakan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara diwilayah pedalaman Kab. Maros. Kami berharap, agar penyuluhan ini mampu merubah mandset tentang bela negara, yang selama ini hanya dipahami tugas militer semata. Ternyata itu keliru. Bahwa kita berbuat, bekerja dengan benar sesuai profesi kita, sudah termasuk bela negara. “Ucapnya. (Rjl)

Editor: A2W

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *